save the earth

save the earth
save the earth

Selasa, 29 Agustus 2017

Lebih Mengenal Jokowi tapi Susah Jajan di Online Shop

Ketika Telkomsel ‘Jamah’ Warga Miangas 

Catatan: Jelly ‘Ching ‘ Siwy


Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat membasuh mukanya dengan air Laut di Pulau Miangas. (foto: ist)
PULAU Miangas yang masuk dalam Wilayah Kecamatan Nanusa Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara adalah salah pulau terluar di Indonesia. Pulau dengan luas 3,2 km ini, sangat berdekatan dengan Negara tetangga kita Filipina dan Oleh warga Sulawesi Utara pada umumnya, menganggap Pulau ini sangat sulit untuk dikunjungi, selain jaraknya yang jauh dengan Manado sebagai Ibukota Provinsi, pulau ini terbilang ‘Kaku’ dengan warga Indonesia khususnya Sulawesi Utara.

Kurangnya akses Komunikasi dengan Penduduk lainnya di wilayah sekitar Indonesia,  memungkinkan warga setempat justru lebih sangat sering berinteraksi dengan warga dari Filipina lewat kegiatan dagang antar wilayah.
Hal ini dimaklumi Karena jarak antar dua wilayah tersebut sangat dekat, jika dibandingkan wilayah Kepulauan lain di Indonesi termasuk Ibukota Kabupaten Talaud Melonguane apalagi ke Manado Ibukota Provinsi Sulawesi Utara yang membutuhkan belasan jam perjalanan laut.

Keterbelakangan komunikasi dan jaringanlah memberikan pengaruh yang besar pada kurangnya serapan informasi masyarakat di Miangas.  Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat di Miangas hanya mendapatkan informasi dari Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan jaringan Radio Republik Indonesia (RRI).
Tapi itu sebagain dari latar belakang Miangas dan kondisi yang sudah dilewati, Miangas saat ini jelas berbeda dengan Miangas beberapa tahun lalu, Interaksi masyarakatnya berangsur membaik
Seiring dengan makin diperkuatnya jaringan Komunikasi Telkomsel dari sejak Awal masuk tahun 2009 lalu. Masyarakat saat ini tidak lagi harus naik di atas ketinggian, atau berada Persis di bawah Tower Telkomsel untuk bisa berkomunikasi.

Saat ini sudah banyak tempat bisa diakses oleh jaringan Internet, dalam arti dimana saja, di atas tanah Pulau Miangas masyarakat bisa mengakses layanan Internet.
Ini merupakan bukti komitmen dari PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) untuk membangun jaringan 4G di area perbatasan baik yang ada di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua seperti yang dikatakan Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Agus Setia Budi pada sejumlah media.
Rey Atapu warga Miangas sangat senang dengan situasi saat ini, berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya, dimana warga Miangas sangat susah untuk berkomunikasi dengan keluarga yang ada di perantauan. Komunikasi paling efektif waktu itu adalah surat dari kantor Pos.

“Kalu mo bacarita dengan sudara di luar daerah, ndak perlu tunggu surat sama dengan dulu, Cuma lia di facebook kong pangge pake video call, ato batulis di messenger,”tegas Rey Atapu warga asal Miangas.
Lainnya halnya menurut Petra Timburas Warga asal Miangas Kabupaten Talaud ternyata sudah mengetahui layanan dan fungsi internet, yang mampu merubah semua lini dan wawasan warga. Bahkan menurut dia, di Miangas makin mengenal sosok Presiden reoublik Indonesia Joko Widodo lewat aktivitas yang diunggah di beberapa media Sosial. 
”Saat ini Torang lebih dekat dengan Presiden Joko Widodo, Karena aktivitas hariannya bisa terlihat di media sosial, namun  susah untuk berbelanja di online Shop,”tegasnya
Hmm, Susah untuk berbelanja Online?, Kondisi itu memang terjadi di daerah terluar di Miangas, kendati masyarakatnya saat ini sangat mudah untuk mengakses beberapa situs belanja terkenal, namun kebanyakan ditolak jika ada orderan.

“Situs belanja Online sudah familiar dengan masyarakat, mereka bisa berbelanja kapan saja, namun untuk sampai pada deal atau pengiriman biasanya jarang, Karena masih dibatasi oleh transportasi, “tegasnya.
Kian membaiknya jaringan di kawasan ini juga diakui oleh  Camat Miangas Steven Hauer Edwin Maarsit, menurut dia kedepan adanya pengembangan layanan Komunikasi yang digagas olehTelkomsel bisa diikuti oleh penyedia layanan komunikasi lainnya.
“Hal ini penting, Karena Miangas merupakan wilayah terluar dan komunikasi menjadi sangat penting dan diperlukan,”ujarnya
Optimisme masyarakat  Miangas dan pemerintah untuk menjadikan  kawasan terluar Indonesia tidak terisolasi, juga makin dimungkinan dengan adanya komitmen dari pemerintah yang serius untuk membenah Sistim komunikasi di Miangas.

Kehadiran Presiden Joko Widodo, Menteri Komunikasi dan informasi Rudiantara, Gubernur Sulawesi Utara olly Dondokambey di pulau Miangas memberikan Harapan baru bagi warga akan komitmen untuk ‘Melihat’ Pulau miangas  agar tidak terisolasi dari banyak aspek.
”Ketika Joko Widodo membasuh wajahnya dengan air laut di Pantai sekitar Miangas, jelas membuktikan kecintaannya terjadap Indonesia, “tegas Meike Manganguwi satu satunya Wakil rakyat Perempuan di Kabupaten Talaud.

Dirinya berujar haru dan bangga dengan Sitasi di Miangas saat ini. “Banyak sodara yang Tahun-tahun sebelumnya jarang bertemu bahkan menyapa, saat ini makin mudah dengan adanya jaringan Komunikasi, warga bisa saling menelepon dan berhubungan lewat media sosial,”ujarnya.
Pengembangan jaringan di Wilayah Sulawesi utara sendiri selain terkosentrasi pada wilayah perbatasan , namun sampai saat ini dari perusahan tersebut menjangkau Wilayah-wilayah lain di Sulawesi utara.
Joseph Dangeubun, Branc Manager Telkomsel Manado mengatakan pihaknya saaat ini terus memperluas jaringan layanan telkomsel, Khususnya kualitas layanan Broadband sebagai kompensasi dari meningkatnya penggunaan data, namun secara keseluruhan menurut dia Telkomsel mendominasi penggunaan layanan Komunikasi. Tercatat sampai dengan tahun 2017 pelanggan di Area Manado sudah mencapai 2,7 juta dan diperkirakan akan terus meningkat.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar