save the earth

save the earth
save the earth

Rabu, 11 September 2013

Makna dari Sebutan Teling



Oleh : Jelly Wensy Siwy

PEKUBURAN TELING : dahulunya kawasan ini banyak ditumbuhi bambu tailing 
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai nilai nilai sejarah negaranya.Kalimat tersebut memang harus diakui sebagai salah satu pembenaran akan kecintaan akan akan Negara. Gambaran kecilnya ketika orang ingin mencari tahu sejarahdi mana dia tinggal dan berada sedikit mencerminkan bentuk kecintaan dan rasa memiliki akan wilayah yang dia tinggal.
Nah catatan ini sedikit menyentil soal Nama salah satu kelurahan di Manado, ya itulah Teling. Secara wilayah pemerintahan wilayah Teling di bagi dua kelurahan yaitu kelurahan Teling Atas dan kelurahan Teling bawah. saat ini masuk dalam wilayah kecamatan Wanea dan ada juga masuk dalam wilayah kecamatan Wenang.
Terkait dengan nama teling saat ini sedikit membagiapa yang penulis tahu, yaitu teling sendiri diambil dari sebutan untuk salah satu kawasan yang orang dulu (1970-an)  sering mengambil bambu (bulu) Teailing dimana kawasan tersebut persisnya berada di seputaran KUD Wenang lama ( Pertigaan menuju SMU 7).

Dahulunya warga Manado yang ada di  pesisir pantai dan  (Samrat) dan kawasan di sekitar mapanget , Tikala dan kawasan lain jika mencari Bambu  selalu menuju ke kawasan tersebut (Teling Saat Ini) yang saat itu masih hutan dan perkebunan.
Mulai saat itu teling akhirnya dipakai untu menamai kawasan tersebut sampai dimana kawasan yang ada saat ini dipenuhi oleh penduduk.
Tak hanya Teling yang memiliki sejarah, dikawasan Teling (saat ini) ternyata memiliki nama nama kawasan yang notabene banyak dikenal oleh warga kota manado denganidentitas dan cirri khasnya tersendiri.sebut saja ada nama nama seperti KARONA, CAGAM, LOSMEN, KAMPET, FAVORIT atau PASGOM, sebutan tersebutmemiliki sejarah khusus.
Catatan kali ini coba mengungkit beberapa sejarah singkat sampai adanya nama nama kawasan tersebut, sebut saja untuk KARONA, dimana  nama tersebut diambil dari singkatan keluarga pemilik yang ada di kawasan tersebut KARUNDENG-ONAI.  Bengkel tersebut adalah Dealer Tunggal Mobil VW (VolksWagen) ...berubah menjadi Bengkel Repair kendaraan Umum  dan akhirnya saat ini diambil Alih Pengelolaannya dari pemilik Pertama, dan saat Ini berubah menjadi Bengkel Perbaikan Alat Berat Branding "Carona" akhirnya dijadikan Nama kawasan di Teling Atas
LOSMEN, Merupakan salah satu Nama Kawasan di Teling Atas Tepatnnya terapit antara Kantor Jamsostek, Samping Polreta lama dan Samping RS Teling :: Nama LOSMEN awalnya dipakai sebagai sebutan untuk salah satu tempat di mana anak-anak  di kawasan tersebut untuk Kumpul kumpul :: tepatnya pada keluarga Tulangouw, seiring waktu brjalan tempat tersebut tersebut dijadikan sekretariat dan pusat kgiatan lainnya seperti kantin dll oleh anak anak kompleks, :: akhirnya nama LOSMEN dipatekan sebagai nama Kawasan di Teling Atas . Seiring waktu brjalan LOSMEN Tak sekadar menjadi Nama, namun dikuatkan dengan dibentuknya Organisasi dengan nama PERLOSTA (Persatuan Losten Teling Atas) dan struktur Pengurus  Tahun –tahun pertama  ada nama nama seperti Pdt Frangky Rompas , Maxi Rantemada dan sekretaris Teddy Ndese .dan untuk Untuk Tahun 2013 Ini PERLOSTA Memiliki Struktur Baru dengan Ketua Hendrik Rumagit, Wkl Ketua 1: Steven Wowat : Wkl ketua II : Steven Ulag :: SEKRETARIS : Vicky Tompodung sek (1) Teddy Ndese sek (2) Budy Mamahit.
Belum lagi ada sebutan untuk kawasan Favorit, dimanakawasan tersebut dahulunya adalah nama sebuah salonyang tepat berada di depan gang (lorong) masuk kawasan.dan akhirnya sampai saat ini kawasan yanghampir berpapasan dengan kelurahanbumi beringindipatenkan sebagaikawasan favorit.
Masih banyak catatan dan tentang arti nama dari kawasan kawasan di teling atas dan Manado dan butuh  share informasi dan masukan dari semua pihak.(ching)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar