save the earth

save the earth
save the earth

Jumat, 16 Januari 2015

Petualangan Seru dengan Komunitas Oto Adventure Sulut

LATE POST Bahasa ini biasa dipakai oleh kalangan pecinta Dumai (Dunia maya) khususnya para facebookers yang terlambat mengupload foto atau file mereka. Baydeway (Btw) bahasa smsnya , mungkin sama kayak aku yang mungkin terlambat mencoret catatan harian yang penah saya ikuti. “Judulnya AdventureDoang”.. ya agak jauh sihh tahun 2013 lalu, kira kira bulan Desember, pas saya lagi di salah satu media otomotif (majalah Otomanado) bacaan yang segmennya otomotif. Sambil menyelam ya tenggelam, pas Liputan Hobby adventure nya aku kesampaian. 

Setidaknya perjalanan itu memakan waktu dua hari,.Mulai dari hari Jumat Pagi selesainya pas Sabtu Dini hari.. berarti dua hari.
Kegiatan ini memang melibatkan banyak pecinta adventure khususnya yang hobby menelusuri jalan-jalan rusak atau membuat jalan baru. Waktu itu ada beberapa tokoh pemerintahan atau masyarakat yang ikut, sebut saja ada bang Ai Mangindaan yang adalah wakil  walikota, Joudi watung, Andre Ratu, dan beberapa orang yang katanya anggota Dewan dn pengusaha sukses.. Namun kehadiran mereka hanya satu yaitu bersma dalam satu Hobby ‘ petualangan”
Sediktinya ada sekitar 40 kendaraan Roda Empat 4x4 yang ikut da nada sekitar 20 Motor Trail, pokoknya Rame dan menantang. Medan yang ditempuh memang cukup sulit sebab semua peserta hanya berpatokan pada Global Posisitio 
System (GPS) dan jalur apa adanya. “Yang penting tembus Minut,”ujar Kinoy salah satu pentolah komunitas Suzuki Jip Indonesia (SJI)
Jalur perjalanan dimulai dari depan Rumah Dinas Wakil walikota di Pumorouw- Mapanget dan seterusnya menyusuri Hutan mapanget dan tembus Minahasa Utara.Perjalanan yang dilalui tidak adem ayem kayak perjalanan manado Tomohon.. hampir tidak ada Aspal dan jalan rata
selepas dari kecamatan Mapanget, yang ada hanya Jurang, Tanjakan, Batu, Becek, dan Ular Piton (patola) yang ditemui.
Tidak jarang jalur yang dilewati harus melewati Empat Sungai dengan arus yang sangat deras, untung Touring tersebut memang sudah disiapkan sesuai protap Kegiatan adventure.
Hengky Wong salah seorang Offroader yang saat itu membawa kendaraan Sipur (Siap tempur) kendaraan type offroad yang sudah dimodifikasi, mengatakan sediktinya ketika perjalanan seperti ini dilakukan harus ada kendaraan advance atau kendaraan yang fungsinya menjadi jangkar bagi kendaraan yang kesulitan di alam bebas. “Standarnya Empat kendaraan Standar 4x4, da nada satu kendaraan yang Full Modificaton, ada VTO, dan kelengkapan lainnya, “tegas Om Engky yang memang saat itu sibuk kesana kemari untuk menarik kendaraan yang jatuh di Selokan atau jurang pendek, ataupun kendaraan yang Loyo …
Adventure yang diwarnai dengan Hujan Deras ternyata membuat para adventurer justru menjadi gembira. “ini baru tantangan, “tegas Gerald anak komunitas Taft Diesel Indonesia (TDI ) Sulut.
Kegiatan seperti ini di Sulawesi Utara saat ini sudah menjadi agenda rutin bagi par penggemar kegiatan petualangan. Namun ada catatan yang pasti selain kamu harus memiliki kendaraan yang siap untuk dirusakin hal penting yang harus disiapkan adalah adalah nyali…. “Musti punya Nyali besar, jangan Cuma gepe deng paneti, “tegas Olvi ketua SJI Sulut yang juga offroader Sulut. (*)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar